HIDROPONIK

Hidroponik adalah sistem bertanam tanpa menggunakan tanah, disebut sebagai pertanian rekayasa atau pertanian modern. Sistem hidroponik menggunakan pupuk khusus yang disebut dengan AB Mix yaitu sepasang pupuk yang terdiri dari 16 unsur hara yang mengandung unsur mikro dan makro yang seimbang. Hidroponik sangat digemari karena memiliki segudang keunggulan yang tidak ada di pertanian konvensional. Sayuran yang dihasilkan juga tergolong sayuran sehat karena bebas dari penyakit.
Green House Java Village memiliki 3 macam desain utama untuk menunjang budidaya dan produksi sayuran.
1. Desain Persemaian, menggunakan material berbentuk datar berbahan PVC yang dimodifikasi untuk menjaga kelembaban media rockwool sehingga pertumbuhan bibit bias terkontrol secara otomatis
  • IMG_20180327_145437.jpg
2. Desain Peremajaan, adalah desain modifikasi yang kemudian disebut dengan sistem DWC (Deep Water Culture) membantu proses mempercepat pertumbuhan akar ketika bibit masih kecil. Sistem ini juga dibantu pompa untuk sirkulasi air selama 8 jam.
3. Desain Pendewasaan, menggunakan metode NFT atau sistem mengalir, dimana nutrisi dan oksigen sangat maksimal sehingga mampu meningkatkan dan mempersingkat masa panen. Desain NFT adalah desain yang paling digemari penggemar hidroponik karena tingkat keberhasilannya yang cukup tinggi dan mudah dalam perawatannya. Sistem ini dibantu dengan pompa untuk sirkulasi nutrisi dan oksigen selama 24 jam.
  • Kangkung.jpg
HARGA PELATIHAN
a. Pelatihan Dasar khusus tamu menginap di hotel (Rp 24.000/orang)
Berisi materi :
• Pengenalan Hidroponik
• Pengenalan alat dan material hidroponik
• Praktek sederhana
b. Pelatihan Dasar perorangan, jumlah peserta 1-9 orang (Rp 48.000/orang)
Yang tergolong perorangan adalah peserta yang datang sendiri karena iklan atau promosi dari marketing JVR. Materi yang didapat sama dengan diatas.
c. Pelatihan Kelas Menengah Rombongan, , jumlah peserta 10 – 29 orang (Rp 39.000/orang)
Berisi Materi :
• Pengenalan hidroponik
• Langkah – langkah hidroponik
• Pengenalan alat dan material hidroponik
• Praktek produksi, perawatan sampai panen
• Praktek pengendalian hama
• Tips dan trik kultur jaringan sederhana.
d. Pelatihan Kelas Menengah Rombongan, , jumlah peserta 30 – 49 orang (Rp 36.000/orang)
Berisi materi sama dengan point C diatas

  • IMG_20180618_081649.jpg
  • 20180922_090524.jpg
HARGA MATERIAL HIDROPONIK
Yang dimaksud dengan material hidroponik adalah segala sesuatu yang digunakan untuk mendukung proses penanaman dari awal sampai akhir.
Terdiri dari :
1. Media tanam - Rockwool Rp.30.000 ,Media ideal untuk tanaman hidroponik, berbentuk seperti busa lembut. Fungsinya untuk membantu persemaian. Panjang 25 cm untuk 400 bibit
2. Nutrisi AB Mix 0.5 Liter Rp.28.000 , Pupuk Khusus hidroponik yang berisi unsur mikro dan makro yang seimbang, untuk 24 tanaman
3. Nutrisi AB Mix 1 Liter Rp.42.000  ,Pupuk Khusus hidroponik yang berisi unsur mikro dan makro yang seimbang, untuk 48 tanaman
4. Netpot Rp.2.500 ,Pot kecil dengan diameter 5cm yang sangat pas untuk budidaya hidroponik
5. Aneka Benih sayuran Rp.7.500  ,Benih sayuran berkualitas tinggi yang dikemas dengan kantong alumunium untuk mencegah kerusakan.
6. TDS Meter Rp.72.000 , Alat untuk mengukur kadar mineral / pupuk yang larut dalam air, alat ini wajib digunakan untuk skala 100 tanaman lebih.
7. Pinset Rp.6.500  ,Alat penjepit yang berujung lancip untuk membantu kita mengambil biji atau bibit yang masih kecil yang tidak mungkin dilakukan dengan tangan biasa
8. Suntikan 10cc Rp.5.500  ,Alat ukur untuk membantu menakar nutrisi supaya tepat dan presisi
9. Paket starterkit pemula Rp.96.000  ,Paket yang berisi starterkit lengkap dan praktis untuk mencoba sendiri di rumah yang terdiri dari : media rockwool, benih, nutrisi sampai modul hidroponik rakit apung sederhana.